SIKLUS BATUAN

Kalian tentu mengetahui kalau litosfer itu selalu bergerak/ dinamis. Litosfer selalu bergerak terus. Kadangkala puncak gunung menjadi dasar laut, kadangkala dasar laut menjadi puncak gunung. Ada daratan yang tenggelam, ada juga daratan yang muncul.

Magma adalah induk dari segala batuan. Karena proses pendinginan di dalam bumi, sela atau diluar bumi maka akan terbentuk batuan beku. Di luar muka bumi, melalui proses penghancuran tanpa perubahan kimia, mengendap berlapis-lapis dan mengalami proses pembatuan maka akan terjadilah batuan sedimen. Apabila karena penambahan suhu tertentu di dalam bumi atau mendekati magma, maka terjadilah batuan metamorf. Dan akhirnya apabila batuan yang berdekatan dengan dapurĀ  magma bisa masuk lagi ke menjadi magma. Demikian siklus batuan berjalan terus.

Gambar siklus batuan:

Dengan demikian maka di bumi ada tiga jenis batuan yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. Ketiga batuan tersebut dapat berubah menjadi batuan metamorf tetapi ketiganya juga bisa berubah menjadi batuan lainnya. . Kesemuanya ini disebut siklus batuan atau ROCK CYCLE.

Batuan beku adalah jenis batuan yang terbentuk dari magma yang mendingin dan mengeras, baik dibawah permukaan sebagai batuan intrusif/ plutonik maupun diatas permukaan sebagai batuan ekstrusif (vulkanik). Magma ini dapat berasal dari batuan setengah cair ataupun batuan yang sudah ada.

Batuan endapan atau batuan sedimen terbentuk melalui tiga cara utama: pelapukan batuan lain (clastic), pengendapan (deposition) karena aktifitas biogenik dan pengendapan (precipitation) dari larutan. Jenis batuan umum seperti batu kapur, batu pasir dan lempung termasuk dalam batuan endapan.

Penamaan batuan sedimen biasanya berdasarkan besar butir penyusun batuan tersebut Penamaan tersebut adalah: breksi, konglomerat, batupasir, batu lempung

  • Breksi adalah batuan sedimen dengan ukuran butir lebih besar dari 2 mm dengan bentuk butitan yang bersudut
  • Konglomerat adalah batuan sedimen dengan ukuran butir lebih besar dari 2 mm dengan bentuk butiran yang membudar
  • Batu pasir adalah batuan sedimen dengan ukuran butir antara 2 mm sampai 1/16 mm
  • Batu lanau adalah batuan sedimen dengan ukuran butir antara 1/16 mm sampai 1/256 mm
  • Batu lempung adalah batuan sedimen dengan ukuran butir lebih kecil dari 1/256 mm

Batuan metamorf adalah salah satu kelompok utama batuan yang merupakanhasil transformasi atau ubahan dari suatu tipe batuan yang telah ada sebelumnya, oleh suatu proses yang disebut metamorfisme, yang berarti perubahan bentuk. Beberapa contoh batuan metamorf adalah gneis, batu sabak, batu marmer dan skist.

4 Tanggapan to “SIKLUS BATUAN”

  1. Aldhi Says:

    Senang niiih :D

  2. lenz Says:

    lah .. siklusnya ko ga dijelasin

  3. septi sati ayu Says:

    kurang jelas

  4. Lala Says:

    kalimatnya berbelit belit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: