Hutan Sekolah SMAN 1 Kedamean Gresik

A  R  T  I  K  E  L

Oleh: Sofia Zahro, S.Pd.

Guru Geografi dan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)

SMAN 1 KEDAMEAN KABUPATEN GRESIK

Pengenalan Hutan Dan Hortikultura SMAN I Kedamean Pada Siswa

Dalam rangka peduli lingkungan, tempat tinggal kita sehari-hari di SMAN I Kedamean, dan adanya keterkaitan antar manusia dengan lingkungannya baik itu litosfer (lapisan kulit bumi), atmosfer (selimut bumi) maupun hidrosfer (area perairan), maka manusia sebagai faktor biotik, dengan kemampuan dan teknologi yang dimiliki harus mampu melestarikan kehidupan hewan, tumbuhan dan lingkungan fisik di sekitarnya. Dengan cara menjadikan tanah tandus menjadi hutan, dalam bentuk Hutan dan  Hortikultura SMAN I Kedamean.

Pemikiran tentang Hutan dan Hortikultura SMAN I Kedamean tidak terlepas  dari perjuangan dan kerjasama antar berbagai pihak. SMAN I Kedamean yang dipimpin oleh Dra. Tri Wahyu Nugraheni, MM., sebagai penanggung jawab program. Drs.  Chusaini Mustas, M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan, Dr. Husnul Khuluq, Drs. MM., dan Dr. KH Robbach Ma’sum, Drs. MM., Bupati Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik. Perjuangan dan kerja sama tersebut berbuah hasil dengan penambahan luas tanah sekolah sebanyak 11475 M2

. Untuk penanaman pohon, bibit diperoleh dari bantuan Dinas Pertanian dan Dinas Lingkungan Hidup. Selain itu juga dari para guru, TU dan semua siswa SMAN I Kedamean wajib menjadi donatur untuk bibit yang ditanam. Bibit yang ditanam adalah sejenis   tanaman keras seperti jati, mahoni dan lain-lain. Selain itu juga tanaman hortikultura yaitu jenis tanaman perkebunan yang dibudidayakan seperti mangga, rambutan, jeruk, anggur dan lain-lain. Tidak menutup kemungkinan tanaman lainnya seperti adenium, ephorbia, sansivera dan lain-lainnya yang wajib di bawa oleh siswa. Pendampingan pembuatan pupuk dibantu dari Buncop Petrokimia Gresik. Pendanaan program sebagian ditanggung oleh Komite Sekolah. Sedangkan penanaman bibit dan pemeliharaan dilakukan oleh semua warga sekolah dan Stake Holder Sekolah.

Kebersamaan ini tidak terlepas dari Visi sekolah yaitu, Sekolah Unggul Dalam Mutu Berpijak Pada Iman, Taqwa, Budaya Bangsa Dan Disiplin Yang Tinggi. Hal ini juga sesuai dengan misi sekolah untuk menerapkan Manajemen Partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan Stake Holder Sekolah.

Perencanaan Hutan Dan Hortikultura SMAN I Kedamean, sesuai dengan tujuan sekolah, yang merupakan hasil acuan dari rumusan visi dan misi sekolah yaitu antara lain:

  • Ø Meningkatkan upaya yang dapat memberikan motivasi siswa agar mau belajar giat dan berdisiplin waktu pada program pembelajaran yang berkualitas.
  • Ø Meningkatkan kemampuan / kualifikasi guru baik dibidang keilmuan maupun dibidang kependidikan sesuai dengan tuntunan program pembelajaran yang berkualitas.
  • Ø Mengupayakan pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan untuk mendukung Kegiatan Belajar Mengajar dan Hasil Belajar Siswa.
  • Ø Meningkatkan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler unggulan yang sudah berjalan dan mengadakan kegiatan ekstra kurikuler baru yang sesuai dengan potensi dan minat siswa.
  • Ø Meningkatkan pembinaan pada kelompok PIR, IMO, IPHO, ICHO, IBO, Olimpiade Kebumian, Astronomi, Akuntansi, computer dan lain-lain yang mampu bersaing di tingkat Propinsi.
  • Ø Menjalin kerjasama dengan lembaga terkait, masyarakat dan dunia usaha.
  • Ø Mengembangkan kurikulum sesuai tuntutan masyarakat dan lingkungannya.
  • Ø Mewujudkan pembelajaran menyenangkan dalam lingkungan yang asri dan dapat berkomunikasi langsung dengan alam sekitarnya.

Kita sering mendengar dan melihat bencana alam banjir dan longsor ada dimana-mana. Hal tersebut dikarenakan banyaknya hutan-hutan yang gundul akibat banyaknya illegal loging  (penebangan hutan secara liar) yang marak terjadi beberapa tahun ini. Dengan adanya program Hutan dan Hortikultura SMAN I Kedamean diharapkan dapat mencegah rusaknya lingkungan yang berhubungan dengan air, tanah dan udara. Keuntungan dimasa mendatang dengan adanya program ini antara lain:

  • Ø Tumbuh-tumbuhan dapat menyaring dan mengatur air, mencegah banjir dan menimbulkan mata air. Air tanah yang ada di Desa Slempit pada khususnya, penyebarannya tidak merata. Ada titik-titik tertentu yang sangat sulit mendapatkan air tanah. Dengan adanya Hutan dan Hortikultura SMAN I Kedamean, diharapkan nantinya air tanah dapat terakumulasi dengan baik dalam jumlah yang sangat banyak, sehingga masyarakat tidak akan mengalami kesulitan air lagi.
  • Ø Tumbuh-tumbuhan dapat menyuburkan tanah. Daun-daun yang berguguran, lama-kelamaan membusuk dan menjadi lapisan humus. Akar tanaman dapat mencegah erosi dan bahaya longsor.
  • Ø Tumbuh-tumbuhan menimbulkan udara yang segar, sebab tumbuhan mengambil CO2 dan melepaskan O2 yang diperlukan manusia untuk bernafas. Hal ini terjadi pada proses fotosintesis. Kita tahu bahwa lingkungan sekolah saat ini amat panas dimusim kemarau, maka dengan adanya program ini diharapkan agar suasananya menjadi rindang dan segar. Dengan udara yang segar maka Kegiatan  Belajar Mengajar di SMAN I Kedamean akan berjalan dengan nyaman.
  • Ø Lingkungan yang asri, rindang, nyaman dan segar tentu saja tidak hanya manusia yang menyukainya. Berbagai  hewan seperti Jenis burung, kupu-kupu dan lainnya akan berdatangan melengkapi ekosistem yang baru.
  • Ø Tanaman hortikultura juga bisa dinikmati hasil buahnya. Dengan manajemen yang baik akan menghasilkan keuntungan bagi sekolah.

SMAN I Kedamean wajib mengemas kondisi potensi geografis di sekolah menjadi media daya dukung proses pembelajaran. Sarana dan prasarana yang ada dioptimalkan sejalan dengan kepedulian pemanfaatan potensi lingkungan. Guru dan siswa harus mampu menciptakan nilai tambah secara terus-menerus dengan menggali potensi lingkungan.

Lingkungan yang asri, rindang, nyaman  dan segar tentu akan menyenangkan bagj kelangsungan kegiatan Belajar Mengajar, baik belajar di dalam kelas maupun diluar kelas. Belajar di kelas, Oke! Di teras, bisa! Di halaman, kebun, hutan dan hortikultura, atau di taman bunga, Oke! Marilah kita mulai mengenal potensi lingkungan SMAN I Kedamean agar menjadi salah satu sumber inspirasi dan informasi. . Bagi siswa menguasai dan memahami lingkungan sendiri memudahkan penguasaan atas esensi dan kompleksitas materi pembelajaran. Oleh karena itu, Ayo kita sukseskan program Hutan dan Hortikultura SMAN I Kedamean. Ok!…

(diterbitkan di majalah Putih Abu, majalah semesteran SMAN 1 Kedamean Gresik pada semester ganjil tahun pelajaran 2009-2010)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: