Asal nama Benua Amerika

Asal mula benua yang disebut Amerika

Sejarah mencatat, bahwa Amerika ditemukan oleh Columbus. Tapi anehnya benua itu tidak diberi nama sesuai dengan namanya. Mengapa demikian? Seperti yang tercatat dalam sejarah, ada sebuah factor yang mengakibatkan timbulnya ide-ide baru dalam berbagai penemuan. Faktor tersebut adalah “kebetulan”. Faktor inilah yang mengakibatkan benua yang ditemukan Columbus itu diberi nama AMERIKA. Inilah kisahnya.

Tanggal 12 Oktober 1492, dalam perjalanannya yang pertama, Columbus melihat daratan di waktu pagi. Ia turun dan menyebut tanah itu atas nama Raja Ferdinand dan Ratu Isabella dari kerajaan Spanyol. Negeri tersebut diberi nama SAN SALVADOR. Tempat pendaratannya disebut Watling Island dari kepaulauan Bahama yang terpisah dari benua Amerika.

Columbus sendiri menyangka ia telah sampai India, yang menjadi tujuannya, sehingga penduduknya diberi nama INDIAN. Columbus berlayar terus, mencari tanah Jepang. Tapi yang ditemukan Cuba dan Hispinola (Haiti akhirnya tanggal 14 Maret 1493 ia memutuskan kembali ke Spanyol.

Pada perjalanannya yang ke dua, tanggal 24 September1493, Columbus menemukan kembali beberapa pulau dari Kepulauan Virgin, Puerto Riko, dan Jamaica. Ia masih bertekad hendak menemukan India.

Dalam perlawatan ketiga tahun 1498 ditemukan Trinidad dan daratan AMERIKA SELATAN. Nah, yang ini baru ia mendarat di Benua Amerika. Namun, disangkanya daratan ini masih berupa daerah kepulauan.

Seorang pelawat lainnya, AMERIGO VESPUCCI, mengklaim bahwa dirinyalah yang pertama kali mencapai Amerika Selatan. Ini terjadi pada tanggal 16 Juni 1497. Dalam pelawatannya pada tahun 1501, ia menyusuri pantai Amerika Selatan, dan ia menulis dalam suratnya bahwa telah ditemukan benua baru.

Keterangannya itu dipakai oleh seorang pelukis peta Jerman. Dan peta-peta yang dibuat itu dipakai nama “AMERIKA”, sesuai nama Amerigo Vespucci. Dan sampai sekarang nama Amerika dipakai secara internasional.

5 Tanggapan to “Asal nama Benua Amerika”

  1. Ivan Says:

    Tidak terlalu jelas sejarah yang anda tulis, saya bingung

    • zahrosofie Says:

      bingung yang mana???… itu kan menceritakan bahwa yg lebih dikenal banyak orang, penemu benua Amerika adalah Amerigo… dan dinamai seperti namanya yaitu Amerika…
      padahal sebelum Amerigo menemukan benua tersebut, sudah ditemukan orang lain… ga keburu dinamai sih sama penemu pertama…
      begitu ceritanya… masih bingung ta???…

  2. Via Says:

    Hummm sebenernya bener juga si
    dengan liciknya AMERIGO menamai Benua tsb dengan namanya yang dikenal dengan AMERIKA dan bukan memakai nama COLOMBUS sebenarnya bukan kesalahan AMERIGO juga karena penemu pertamanya keburu meninggal ada baiknya penerus selanjutnya yaitu Asisten Colombus yaitu AMERIGO VESPUCCI yang menggantikan nama Benua tersebut dan memberi nama AMERIKA😀

    and thx buat blognya berkat blog anda saya bisa menemukan Jawaban Tugas IPS dr guru

  3. hibatullah syauqi at-taqi Says:

    wah blognya bermanfaat banget tuh buat pelajaran sejarah dan geografi

  4. nurdin fasyah Says:

    kalo boleh tambahin nama amerika bukan dari amerigo vespucci, tapi dari seorang pedagang kaya raya Richard Ameryk .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: