Benua Australia

BENUA AUSTRALIA

 

          Sejarah ternyata memang tak selamanya benar. Baru-baru ini sejarah tentang siapa orang pertama yang menemukan benua Australia terkuak. Apa yang diyakini orang bahwa penemu benua Australia yang pertama adalah Kapten James Cook, seorang ahli ilmu bumi dan navigator asal Inggris, ternyata salah.    

          Sebab Kapten James Cook yang dianggap menemukan benua Kanguru ini tercatat mendarat di Botani Bay atau sekarang jadi Sidney Harbour pada tahun 1770. Sedang dari fakta terbaru ditemukan bahwa yang pertama mendarat disana adalah pelaut Portugal bernama Christopher De Mendonca pada tahun 1522. Hal ini terungkap dari dokumen yang ditemukan di koleksi perpustakaan Los Angeles Amerika.

 

 

UNIVERSITAS TERTUA DI DUNIA

 

Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir adalah Universitas paling tua di dunia, seumur dengan kota kairo itu sendiri yang didirikan tahun 969 Masehi. Al-Azhar di tahun 1975 Masehi merupakan pioneer dari system pelajaran yang maju dimana kurikulumnya pada saat itu sudah mengajarkan hirarki yang jelas antara pengajar tetap maupun professor tamu, selain itu sudah ada pelajaran/ gelar teknik dan pengobatan.

          Eropa sendiri baru memiliki universitas tahun 1088 di Bologna, Italia dan Amerika baru memiliki universitas tahun 1636 yaitu Harvard yang didirikan di Cambridge, Massachusetts, tidak lama setelah perjalanan Inggris tiba di Massachusetts Amerika.

(dikutip dari buku Tegar Satria “Unik tapi Fakta”, penerbit: shira media)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: