Transplantasi Hati di Indonesia

Sabtu, 24 April 2010.

Surabaya membuat sejarah di bidang kedokteran di Indonesia Timur, karena melakukan cangkok hati untuk yang pertama kalinya di Indonesia terhadap seorang balita bernama Ramdan Aldil Saputra dengan donor ibu kandungnya, Ny. Sulistyowati.

Transplantasi/ cangkok hati ini adalah bentuk kerjasama antara pemerintah pusat, propinsi jatim, RS Dr. Sutomo dan beberapa dokter ahli bedah yang ada di Cina. Dukungan lain juga dari Jawa Pos beserta media yang lain serta organisasi profesi PGRI, mengingat kedua orang tuanya Ramdan adalah seorang guru.

Pada saat yang sama juga, di RS Dr. Sutomo diadakan doa bersama agar operasi berjalan lancar dan ditayangkan secara live/ tayangan langsung operasi tersebut dari awal sampai akhir. Tayangan secara langsung ini  dihadiri oleh masyarakat umum, dokter, wartawan,  pelajar dll. Dalam acara tersebut hadir juga wakil gubernur Jatim, gus Ipul, beberapa dokter ahli bedah dari RS Dr. Sutomo seperti Dr. Slamet dan Dr. Urip, dokter ahli bedah dari China, Mr Sheng, mantan cheo Jawa Pos, Dahlan Iskan yang tiga tahun yang lalu juga mengalami sendiri operasi cangkok ginjal di RS Cina.

SMAN 1 Manyar Gresik juga tidak ketinggalan ikut bergabung dalam doa bersama dengan mengirim rombongan 8 pelajar dari kelas X dan XI dengan dua guru pembimbing, yang dalam hal ini merupakan bentuk kepedulian antar sesama.

Hanya rasa takjub dan empati yang kami rasakan atas berjalannya operasi cangkok hati yang pertama kali di Indonesia ini. Berempati atas penderitaan Ramdan dan takjub akan kemajuan di bidang kedokteran saat ini. Tapi yang lebih penting lagi adalah menambah keimanan kita terhadap kebesaran Tuhan, Subhanallah.., Alhamdulillah.., Allahu Akbar..

Perwakilan dari SMAN 1 Manyar Gresik

Dr. Urip memberikan penjelasan proses berjalannya operasi cangkok hati

mencermati dengan seksama proses operasi lewat tayangan langsung

Wakil Gubernur Jatim: gus Ipul

pak Slamet, dokter ahli bedah RS Dr. Sutomo (paling kanan), pak Dahlan Iskan, mantan Cheo Jawa Pos (dua dari kanan), Mr. Sheng, dokter ahli bedah dari Cina (dua dari kiri)

2 Tanggapan to “Transplantasi Hati di Indonesia”

  1. Haris Istanto Says:

    Posting yang menarik, sukses untuk Anda.
    Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru hari ini berjudul : “Analisa usaha cuci sepeda motor (lanjutan)”, serta artikel lain yang menarik, dan kalau berkenan mohon diberi komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: