Orang-orang yang mendustakan agama

“Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?. Itulah orang yg menghardik anak yatim, & tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka celakalah bagi orang2 yg salat, (yaitu) orang2 yg lalai dr salatnya, (yaitu) orang2 yg berbuat riya, & enggan (menolong dg) barang berguna.” (QS. Al Ma’un (107): 1-6)

#Riya ialah melakukan sesuatu amal perbuatan tidak untuk mencari keridha’an Allah, akan tetapi untuk mencari pujian atau kemasyhuran di masyarakat.

#enggan menolong dg barang yg berguna, sebagian mufassirin mengartikan, enggan membayarkan zakat.

Ternyata islam tidak hanya mengajarkan hubungan vertikal saja, yaitu manusia dengan Tuhannya (Allah SWT)..
Tetapi juga mengajarkan hubungan horisontal, yaitu antara sesama manusia..

Dalam kehidupan di dunia, Allah tidak memberikan harta-Nya secara merata. Tetapi dalam harta pemiliknya terdapat hak untuk orang yg tidak memiliki harta tersebut. سُبْحَانَ اللّهُ

Makanya jadi orang itu jangan pelit2 terhadap orang lain, karena harta itu bukan 100% milik kita. Harta itu hanyalah titipan Allah SWT untuk menguji kita secara nyata. Maukah kita berbagi dengan yang lain ???

Jika qta mau berpikir seperti itu, ya Allah sungguh sempurna ajaran islam itu. Ada satu keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Ada siklus (perputaran) antara satu dengan yang lainnya, yang mana dalam siklus tersebut selalu ada keseimbangan. سُبْحَانَ اللّهُ ..

Oleh karena itu, jangan pernah mendustakan agama. Usahakan hablulmminallah (hubungan vertikal) seimbang dg hablumminannaas (hubungan horisontal).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: