Kehidupan di dunia & di akherat

Menyimak beberapa percakapan antara aku dan adikku kemaren tentang kematian, menyisakan pengalaman batin yang luar biasa yang Allah berikan kepada kami dengan beberapa hikmah. satu diantaranya hikmah yang terpenting adalah tentang keberadaan kehidupan di dunia dan keberadaan kehidupan di akherat (alam kubur) ternyata sangat tipis sekali keberadaannya, yaitu kematian…

Disaat manusia sudah menghadapi akhir dari kehidupannya, maka dengan ridhla Allah SWT akan kematian seorang manusia, secepat itu juga manusia akan berpindah ke alam lain yaitu alam kubur, yang sampai sekarang manusia masih bingung bagaimana bentuk alam itu, tapi hanya disisi Allah SWT-lah pengetahuan akan itu. manusia hanya diberikan rambu-rambu saja bagaimana alam sesudah kehidupan di dunia yg sangat singkat ini. Subhanallah…

Cobalah kita renungkan kembali bagaimana dulu kita dilahirkan. kita lahir tanpa tahu kita berasal dari mana dan otak masih kosong dengan ilmu dan pengalaman, dan pertanyaan itu bisa terjawab setelah kita beranjak hidup dari tahun ke tahun dengan cara belajar. Setelah kita tahu, apa bisa kita menemukan memori kita selama sembilan bulan dalam kandungan ibu tercinta ? kita berbuat apa saja selama berada di dalam kandungan, apakah sempat terpikirkan waktu itu kita berada di perut siapa? dll, ternyata tidak bisa bukan ?!…

Keberadaan kita di dalam kandungan dengan keberadaan kita di dunia ini ternyata hanya beda tipis saja yaitu dengan cara kelahiran.

Dari beberapa perjalanan hidup ini, apakah kita tidak mau berfikir tentang semuanya? tentang siklus kehidupan? tentang kehidupan yang abadi? tentang penciptaan manusia ? tentang keberadaan kita yang selalu berpindah dari alam yang satu kepada alam yang lainnya dan seterusnya?

Alangkah meruginya jika kita tidak mau belajar. Belajar dan terus belajar ? Alangkah meruginya jika perbuatan kita tidak menjadikan yang lebih baik lagi? lebih baik dari kehidupan yang sudah kita lalui? lebih baik lagi untuk bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain?

sz29

subhanallah…
marilah kita renungkan perjalanan hidup ini untuk selalu mencari ridhla Allah SWT, yang menjadikan perjalanan hidup ini sangat banyak manfaatnya bagi umat manusia. manusia tinggal memilih untuk bisa hidup lebih baik, ataukan buruk? dua pilihan yang sebenarnya jawabannya sangat mudah sekali yaitu menginginkan yang terbaik.

semoga Allah SWT selalu berikan yang terbaik untuk kita semua, dan kita bisa dengan lebih baik pula menjalani tahap demi tahap kehidupan ini. Aamiin ya Rabb….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: