Penciptaan Bumi dalam integrasi Agama Islam

KOSMOLOGI DALAM AL QUR’AN

Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘arasy. Dia menutupkan malam  kepada siang yang mengikutinya dengan cepat (dan diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah mencipta dan memerintah hanyalah hak Allah, Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. (QS. Al A’raf(7):54)

Keterangan: bersemayam di atas arasy’ ialah satu sifat Allah yang wajib kita imani, sesuai dengan kebesaran Allah dan kesucian-Nya.

Apakah kamu yang lebih sulit penciptaannya ataukah langit ?. Allah telah membangunnya. Dia meninggikan bangunannya lalu menyempurnakannya. (QS. An Nazi’at (79): 27-28)

Dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita, dan menjadikan siangnya terang benderang. (QS. An Nazi’at (79): 29)

Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya. (QS. An Nazi’at (79): 30)

Dia memancarkan darinya mata airnya, dan (menumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya, (QS. An Nazi’at (79): 31)

Dan gunung-gunung dipancangkan-Nya dengan teguh. (QS. An Nazi’at (79): 32)

Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah tiada juga mereka beriman?. (QS. Anbiya’ (21):30)

Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka, dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk. Dan Kami jadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya. Dan Dia-lah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya. (QS. Al Anbiya’ (21):31-33)

Keterangan: maksudnya yang ada di langit itu sebagai atap dan yang dimaksud dengan “terpelihara” ialah segala yang berada di langit itu dijaga oleh Allah dengan peraturan dan hukum-hukum yang menyebabkan dapat berjalan dengan teratur dan tertib.

Katakanlah: “Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang mencintakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan bagi-Nya ?. sekutu-sekutu (yang bersifat) demikian itulah Tuhan semesta alam.” (QS. Fussilat (41):9)

Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh diatasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan (penghuni)nya dalam empat masa. (penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya. Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi:”Datanglah kamu kepadanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”, keduanya menjawab: “kami dating dengan suka hati. (QS. Fussilat (41):10-11)

Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan dalam tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (QS. Fussilat (41):12)

Bukankan Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan ?, dan gunung-gunung sebagai pasak ? dan Kami jadikan kamu berpasang-pasangan, dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat, dan Kami jadikan malam sebagai pakaian, dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan, dan Kami bangun di atas kamu tujuh buah (langit) yang kokoh, dan Kami jadikan pelita yang amat terang (matahari), dan Kami turunkan dari awan air yang banyak tercurah, supaya Kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan, dan kebun-kebun yang lebat. (QS. An Naba (78):6-16)

Keterangan: malam itu disebut sebagai “pakaian” karena malam itu gelap menutupi jagat sebagai pakaian menutup tubuh manusia.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: