Archive for the ‘Berita’ Category

FAKTA UNIK BUDAYA KOREA

Juni 3, 2013

oleh Rois Yanuar pada 15 Februari 2013 pukul 8:00 ·

1. orang korea biasa memberikan salam dengan cara menganggukan kepala dan sedikit membungkukan badan. kepala ditundukan sekitar 30 sampai 60 derajat selama 2 hingga 3 detik.semakin dalam menundukan kepala berarti semakin besar hormat yg diberikan. ungkapan maaf juga disertai dengan gerakan menundukan kepala.

2.saat pindah rumah baru,orang korea biasa mengadakan selamatan. mereka mengundang teman, saudara atau tetangga. tamu yg dundang biasanya membawa sabun deterjen, tisu toilet dan korek api.barang barang tersebut punya makna tersendiri.tisu toilet melambangkan bahwa segala sesuatu akan berjalan mulus seperti tisu toilet yg larut dalam air. sabun detergen melambangkan harapan agar tuan rumah dilimpahi uang sebanyak busa tersebut. dan korek api melambangkan harapan agar tuan rumah cepat kaya seperti cepatnya api menyala.

3. orang korea akan berkata jujur dan terbuka dalam mengungkapkan perasaanya. ketika dia merasa tidak suka, ia akan berterus terang mengatakan tidak suka.

4.nomor telepon bagian belakang di korea seringkali menandakan profesi atau pekerjaan yg dilakukan oleh pemilik nomor tersebut.nomor 2424 adalah milik jasa angkutan pindah rumah karena memiliki lafal yg sama dengan kosa kata pindah.nomor 7788 biasanya berkaitan dengan kereta atau kereta bawah tanah. nomor 9292 berkaitan dengan depot ayam goreng atau daging bakar. nomor 7575 dipakai untuk nomor telepon rumah sakit. nomor 8282 biasa digunakan layanan kurir cepat.

5. orang korea biasa makan langsung dari piring saji atau panci makanan.

6.tawar menawar barang di korea bukan hal yg aneh.sayang harga yang ditawarkan penjual jarang sekali yang ditawar setengah atau malahan sepertiganya.

7. untuk memberikan isyarat uang dalam konteks budaya korea adalah dengan membuat lingkaran dengan membulatkan jari telunjuk yg ujungnya bertemu ujung ibu jari.

8.kebiasaan minum minuman keras adalah hal yg biasa di korea.minum soju sudah menjadi kebiasaan yg mengiringi setiap acara makan malam atau bahkan juga siang.

9. bersendawa tidak dipermasalahkan karena dimaknai sebagai bentuk apresiasi terhadap juru masak atau orang yg telah memasak makanan yg disantap.

10. kalau naik taksi di korea, sopir kadang menaikan penumpang lain yg tujuannya searah dengan penumpang pertama yg ada di taksi.pembayarannya, yg pertama turu akan membayar sesuai argo sedangkan yg kedua akan membayar sisanya.praktek ini dikenal dengan istilah (hapseung)

11. kaum laki laki biasanya kuliah lebih lama krena biasanya pd saat sedang berkuliah harus mengikuti wajib militer yg lamanya sekitar 26 bulan.

12. orang yg pertama kali datang ke suatu toko biasanya dipaksa oleh penjualnya untuk membeli sesuatu. karena orang korea percaya bila pengunjung pertama pd suatu hari tidak beli sesuatu maka tokonya akan rugi pada hari itu.makanya jangan pergi pagi pagi bila hanya berniat lihat lihat saja.

13. ketika janjian orang korea tidak menjemput temannya melainkan menunggu langsung ditemat yg dituju.

14.orang korea takut dengan nomor 4.oleh karena itu tidak ada lantai 4 di korea, yg ada hanya lantai berisial f.

15. jangan menulis nama dengan tinta merah karena itu berasosiasi dengan kematian.

16. jika babi hadir dalam mimpi orang korea bisa diperkirakan orang tersebut akan membeli lotere. karena babi merupakan tanda nasib baik.

17. entah mengapa orang yg lebih tua dan dokter disebut seongsaengnim yg berarti guru.

18. orang korea menganggap dirinya sebagai bagian dari keluarga besar.mungkin karena keluarga merupakan aspek yg terpenting dalam budaya korea.

19.Orang Korea suka makan bawang putih karna dipercaya dapat menetralkan darah..

20.Semua mahasiswa korea diwajibkan untuk cuti selama 1 semester atau lebih selama menjadi mahasiswa.

21.Saat berfoto, orang korea lebih suka mengatakan ‘kimchi’ daripada ‘cheese’.

22.Di Korea, search engine Google dan Yahoo kurang begitu populer.itu karena Orang Korea lebih suka search engine lokal seperti Daum 23.

23.Orang Korea dibebaskan untuk memilih agama masing-masing. Bahkan orang korea juga boleh untuk tidak memiliki/menganut agama apapun. Jumlah penduduk korea selatan yang belum/tidak memiliki agama sekitar 46,5%.

24.negara korea adalah pusat operasi plastik.76% wanita korea berumur 20-30tahun sudah melakukan operasi plastic.bahkan Rata-rata orang korea menghabiskan 30% penghasilannya untuk operasi plastik.operasi plastik dikorea juga lebih murah daripada di jepang.

25.Pohon pinus adalah pohon cinta bagi orang Korea karena mengandung filosofi cinta yang kokoh, lurus dan tak pernah berakhir.sehingga Banyak serial korea yang melibatkan pohon pinus.

26.Di korea rata-rata handphone tidak menggunakan sim-card melainkan CDMA. Dan nomor simcard ponsel tidak dijual secara bebas dan terpisah dengan handsetnya.

27.Kebanyakan cowok korea lebih perasa, romantis dan penyabar ketimbang ceweknya.sehingga Kalo orang korea putus cinta yang patah hati biasanya cowok karna cowok korea lebih perasa.

28.tingkat bunuh diri dikorea termasuk tinggi.Sekitar 200 siswa/i korea per-tahun bunuh diri hanya gara-gara gagal masuk universitas. Sekitar 36 orang korea bunuh diri setiap harinya dan penyebabnya kebanyakan depresi.tap ada juga yg bunuh diri karena mengikuti idolanya yg bunuh diri.Bunuh diri dianggap merupakan penyebab kematian pertama bagi pria korea antara usia 18 – 35 tahun.Salah satu penyebab bunuh diri di korea adalah faktor ekonomi juga, Banyak pelajar korea yang stress dan akhirnya bunuh diri karena jam belajar di korea terlalu anjang,sehari bisa 15 jam.

29.sebagian besar orang Korea tidak menyukai tidur dengan kasur yang sangat empuk. Mereka lebih nyaman untuk tidur di sebuah lantai yang dialasi dengan sebuah kasur yang sangat tipis. Bagi mereka tidur diatas kasur yang empuk dapat membuat badan menjadi sakit.

30.saat orang korea bercerai, kalau suami yang salah maka semua harta yang menjadi milik bersama (gono-gini) semuanya akan jadi milik pihak istri dan anak-anaknya, bagi yang sudah punya anak. Dan suami tidak akan mendapatkan bagian sepeser pun.

 

Warga diingatkan e-KTP hanya bisa sekali difotocopy

Mei 7, 2013

Jambi (ANTARA News) – Warga Kabupaten Batanghari, Jambi, diingatkan bahwa Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) hanya bisa difotocopy satu kali.

“Jika dilakukan fotocopy berulang-ulang  “chip” yang penyimpan data di e-KTP akan rusak, sehingga tidak bisa dibaca komputer. Penegasan tersebut tertuang dalam surat Edaran Menteri Dalam Negeri No 471.13/1826/SJ tentang e-KTP,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Batanghari Ardian Faisal, Senin.

Ia juga mengatakan, chip e-KTP juga akan rusak jika didostabler atau dipres. Sinar mesin fotocopy akan merusak nomor induk kependudukan (NIK).

Untuk itu, e-KTP cukup difotocopy satu kali, dan sebagai solusinya jika ingin memperbanyak, fotocopy pertama itu yang digunakan untuk keperluan lainnya.

Ardian juga menjelaskan, Surat Edaran Mendagri ini ditujukan kepada lembaga keuangan, BUMN, gubernur, bupati, kepala LPNK, kapolri, para pimpinan bank, instansi lainnya dan masyarakat.

Sementara itu, sebagai pengganti e-KTP jika ada keperluan lain pada saat mengurus berbagai syarat yang dibutuhkan, cukup dengan dicatat NIK dan nama lengkap saja, tidak perlu difotocopy.

Selain itu, lembaga atau badan usaha diharuskan menyiapkan “card reader” untuk membaca data e-KTP, demikian Adrian.

Editor: Ella Syafputri

Fakta Unik Budaya Jepang — oleh Rois Yanuar pada 6 Februari 2013 pukul 10:16 ·

Februari 7, 2013

1. Saat naik eskalator di Tokyo, orang harus berdiri di sebelah kiri, karena di sebelah kanan adalah untuk orang yang terburu-buru. Jangan sekali-kali berdiri di kanan kalau tidak langsung naik.

2. Pacaran di Jepang sungguh hemat, traktir2an bukan budaya pacaran Jepang. Jadi selama belum jadi suami-istri, siapkan uang buat bayar sendiri-sendiri.

3. Nganter jemput pacar juga bukan budaya. Kalo mau ketemuan, silahkan ketemuan di stasiun.

4. Jangan pernah sekali-kali bilang ke orang jepang : “aku ingin bertandang ke rumahmu”. Karena itu dianggap tidak sopan. Kerumah seseorang baru bisa kalau sudah diijinkan.

5. “Aishiteru” yang berarti aku cinta kamu, jarang dipake sama orang pacaran, kecuali kalau mereka bener-bener sudah mau menikah. Biasanya mereka menggunakan “Daisuki desu” buat mengungkapkan kalau mereka sayang sama pacarnya.

6. Sebelum bepergian, biasanya orang Jepang selalu mengecek ramalan cuaca. Dan 90% ramalan cuaca itu akurat. Itu sebabnya kalo ada orang bawa payung, pasti terlihat orang yang lainnya lagi bawa payung juga. Dan perempatan Shibuya adalah tempat yang paling menarik ketika hujan, karena dari atas akan terlihat lautan payung yang berwarna-warni.

7. Bunga sakura adalah bunga yang spesial di Jepang, karena bunganya hanya tumbuh 2 minggu selama setahun. Ketika tumbuh, bunganya memenuhi seluruh pohon, tanpa daun. Setelah 2 minggu, tak ada satupun bunga sakura, yang ada hanyalah daun-daun hijau, tanpa bunga, dan jadi tidak menarik lagi.maka saat musim sakura orang jepang senang tamasya ditaman. inilah yg disebut hanami

8. orang harus bayar kalo mau menaruh barang di toko jual-beli. Itulah sebabnya kenapa orang Jepang lebih memilih meninggalkan TV bekas mereka begitu saja kalau mau pindah apartemen.

9. Disiplin tanpa banyak tanya adalah budaya. meskipun di perempatan jalan yang kecil, tidak ada mobil sama sekali, namun ada lampu merah, pejalan kaki selalu berhenti ketika lampu tanda pejalan kaki menunjukkan warna merah. Mereka santai aja, baca koran, ngobrol, ngerokok, dan kemudian jalan lagi ketika lampu sudah hijau. Padahal ga ada mobil yang lewat satupun. Mungkin kalo mereka ngelanggar peraturan juga tidak akan celaka.

10. facebook tidak laku di Jepang karena terlalu mengungkapkan hal yg pribadi.

11. harta warisan di Jepang pajaknya sangat tinggi sampai sampai bila di jual Si anak hanya mendapat seperempat dari total harta warisan.

12. tingkat buta huruf di jepang adalah yang terendah di dunia.

13.Di Jepang, angka “4? dan “9? tidak disukai, sehingga sering tidak ada nomer kamar “4? dan “9?. “4? dibaca “shi” yang sama bunyinya dengan yang berarti “mati”, sedang “9? dibaca “ku”, yang sama bunyinya dengan yang berarti “kurushii/sengsara”

14.Orang Jepang menyukai angka “8?. Harga-harga barang kebanyakan berakhiran “8?. Susu misalnya 198 yen. Tapi karena aturan sekarang ini mengharuskan harga barang yang dicantumkan sudah harus memasukkan pajak, jadi mungkin kebiasaan ini akan hilang. (Pasar = Yaoya = tulisan kanjinya berbunyi happyaku-ya atau toko 800)

15.Kalau musim panas, drama di TV seringkali menampilkan hal-hal yang seram (hantu)

16.Drama detektif di TV, bunyi sirene (kyukyusha) biasanya muncul pada menit-menit awal. Di akhir cerita, sebelum perkelahian mati-matian biasanya penjahat selalu menceritakan semua rahasia kejahatannya.

17.Cara baca tulisan Jepang ada dua style : yang sama dengan buku berhuruf Roman alphabet huruf dibaca dari atas ke bawah, dan yang kedua adalah dari kolom paling kanan ke arah kiri. Sehingga bagian depan dan belakang buku berlawanan dengan buku Roman alphabet (halaman muka berada di “bagian belakang”).

18.(orang Indonesia) dan rekan-rekan dari Asia Tenggara lainnya umumnya kalau jiko-shokai (memperkenalkan diri) sering memulai dengan “minasan, konnichiwa” atau “minasan, konbanwa”. Mungkin ini karena kebiasaan bahasa Indonesia untuk selalu memulai pidato dengan ucapan selamat malam, dsb. Tapi untuk pendengaran orang Jepang, rasanya janggal, karena mirip siaran berita di TV. Seharusnya dimulai dengan langsung menyebut nama dan afiliasi. Misalnya “Tanaka ken M1 no Anto desu….dst.”, tidak perlu dengan “Minasan..konnichiwa…”.

19.Kesulitan pertama yang muncul dalam urusan administratif di Jepang, kalau ditanya : “family name anda apa ? “, karena tidak ada keharusan di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara untuk mencantumkan family name.

20.Kalau memperoleh undangan yang meminta konfirmasi hadir atau tidak, biasanya ada keharus mengirimkan balik kartu pos. Salah satu manner adalah mencoret huruf 御 pada pilihan : 御欠席 /出席. Juga mencoret akhiran 様 pada nama kita yang tercantum sebagai pengirim pada kartupos tersebut. Ini adalah adat Jepang, agar kita selalu rendah hati, yang ditunjukkan dengan menghindari/mencoret 御 dan 様 pada kartu pos balasan.

21.Kalau kita membubuhkan tanda tangan, kadang akan ditanya orang Jepang : ini bacanya bagaimana ? Kalau di Jepang saat diperlukan tanda tangan (misalnya di paspor, dsb.) umumnya menuliskan nama mereka dalam huruf Kanji, sehingga bisa terbaca dengan jelas.

22.Acara TV di Jepang didominasi oleh masak memasak

23.Fotocopy di Jepang self-service

24.Jika naik taxi di Jepang, pintu dibuka dan ditutup oleh supir. Penumpang dilarang membuka dan menutupnya sendiri.

25.Tanda tangan di Jepang hampir tidak pernah berlaku untuk keperluan formal, melainkan harus memakai hanko/inkan/cap. Jenis hanko di Jepang ada beberapa, a.l. jitsu-in, ginko-in, dan mitome-in Jadi satu orang kadang memiliki beberapa jenis inkan, untuk berbagai keperluan. Jitsu-in adalah inkan yang dipakai untuk keperluan yang sangat penting, seperti beli rumah, beli mobil, untuk jadi guarantor, dsb. jenis ini diregisterkan ke shiyakusho. Ginko-in adalah jenis inkan yang dipakai untuk khusus membuat account di bank. inkan ini diregisterkan ke bank. Mitome-in dipakai untuk keperluan sehari-hari, dan tidak diregisterkan.

26.Naik sepeda tidak boleh boncengan (kecuali memboncengkan anak-anak)bila dilanggar dendanya besar

27.Ajakan makan bersama belum tentu berarti anda ditraktir, tapi bisa jadi bayar sendiri-sendiri.

28.Di Jepang sulit mencari mesin ketik

29.cara orang Jepang menghitung “satu”, “dua”, “tiga” dengan jari ada perbedaan dengan kebiasaan orang Indonesia. Orang Indonesia umumnya mulai dari tangan dikepal dan saat menghitung “satu”, jari kelingking ditegakkan. Menghitung “dua”, jari manis ditegakkan, dst. Kalau orang Jepang, kebalikannya. Mereka selalu mulai dari telapak tangan terbuka, dan cara menghitungnya kebalikan orang Indonesia. Saat bilang “satu”, maka jarinya akan ditekuk/ditutupkan ke telapak tangan. ini disebut Jikken.

30.Cara menulis angka : 7 (tujuh). Kebiasaan orang Indonesia selalu menambahkan coret kecil di kaki angka 7 (mirip huruf “NU” katakana : ?). Di Jepang selalu dididik menulis 7 persis seperti huruf ketik (tanpa coretan nya orang Indonesia), jadi mirip huruf katakana “FU” atau “WA” . jadi Hati-hati kalau menulis alamat, formulir atau dokumen lainnya di Jepang. Sedapat mungkin usahakan sama dengan standard Jepang. Kalau nggak, belum tentu dapat difahami oleh orang Jepang bahwa anda menulis angka “tujuh”.\

31.Menengok ke rumah sakit tidak berombongan atau datang dalam jumlah sedikit. Sekitar dua atau tiga orang. Di Jepang umumnya rumah sakit cukup keras menjaga agar suasana dalam rumah sakit tenang. Jam tengok juga diatur dengan ketat dan disiplin, agar pasien dapat istirahat dengan tenang, makan tidak terlambat, dsb.

32. saat pesta pernikahan Yang diundang teman-teman terdekatnya saja, jadi bisa saja total yang diundang di bawah 100 orang. dan resepsi diselenggarakan di gereja. Setelah itu baru kemudian pindah ke ruang pesta. Yang datang adalah mereka yang diundang saja. Saat hadir di resepsi, sumbangan diserahkan dalam amplop yang didesain khusus. Amplop ini dapat dibeli di convenient store ( Seven Eleven, dsb). Umumnya besar sumbangan per orang 30 ribu yen. Mengenai besarnya sumbangan ini biasanya disesuaikan dengan usia/karir yang menyumbang, kekerabatan atau kedekatan seseorang dengan pengantin, dsb.

33.masalah keluarga adalah masalah privasi. Sehingga tidak lazim kalau baru saja berkenalan kemudian saling menanyakan keluarga masing-masing. Hal yang sifatnya privasi seperti ini bisa terbuka diceritakan, kalau benar-benar sudah akrab sebagai teman.

34. Ketika di kendaraan umum Orang jepang pada baca buku atau tidur.

35.Ketika makan dikendaraan umum : Sampah sisa makanan disimpan ke dalam saku celana atau dimasukkan ke dalam tas, kemudian baru dibuang setelah nemu tong sampah.

36. Ketika dikelas: Yang kosong adalah bangku kuliah paling belakang.

37. Ketika dosen memberikan kuliah: Semua mahasiswa sunyi senyap mendengarkan dengan serius.

38. Ketika diberi tugas oleh dosen: Hari itu juga siang atau malemnya langsung nyerbu perpustakaan atau browsing internet buat cari data.

39. Ketika terlambat masuk kelas: Memohon maaf sambil membungkukkan badan 90 derajat, dan menunjukkan ekspresi malu dan menyesal gak akan mengulangi lagi.

40. Ketika dijalan raya: Mobil sangat jarang (kecuali di kota besar). Padahal jepang kan negara produsen mobil terbesar di dunia, mobilnya pada ke mana ya?

41. Ketika jam kantor: Jalanan sepiiiii banget, kayak kota mati.

42. Ketika buang sampah: Sampah dibuang sesuai jenisnya. Sampah organik dibuang di tempat sampah khusus organik, sampah non organik dibuang di tempat sampah non organik.

43. Ketika berangkat kantor: Berangkat naik kereta/bus kota. Mobil cuma dipakai saat acara liburan keluarga atau acara yang bersifat mendesak aja.

44. Ketika janjian ketemu:semuanya datang tepat pada jam yg disepakati.

45. Ketika berjalan dipagi hari: Orang-orang pada jalan super cepat kayak dikejar doggy, karena khawatir telat ke tempat kerja atau sekolah.

46. sudnya orang jepang disebut jankepon. kepalan mewakili batu, dua jari mewakili gunting dan telapak tangan mewakili kertas, aturannya kertas kalah dengan gunting, gunting kalah dengan batu dan batu kalah dengan kertas karena kertas mampu membungkus batu.

Dikutip dari berbagai sumber

Pria Tak Tertarik Selingkuh Ketika Menjadi Ayah

September 6, 2012

TRIBUNnews.com

TRIBUNNEWS.COM – Kaum pria akan berubah menjadi pribadi yang berbeda saat berkeluarga dan memiliki anak. Anggapan ini ada benarnya. Penelitian membuktikan, pria menikah yang memiliki anak cenderung lebih tertarik kepada pengasuhan daripada hasrat untuk menarik perhatian lawan jenis. Alhasil, pria yang telah menjadi ayah cenderung tak tertarik untuk berselingkuh.

Penelitian ini menemukan, pria yang telah memiliki anak cenderung memiliki level testosteron lebih rendah. Tentunya bila dibandingkan dengan pria lajang atau pria menikah yang belum memiliki anak. Faktor hormonal inilah yang memengaruhi pria untuk lebih fokus kepada anak dan keluarga, dan meredam kecenderungan untuk berselingkuh.

“Level testosteron memengaruhi perilaku dan kepribadian seseorang, juga membantu pria untuk berkompetisi mendapatkan pasangan. Saat pria berkeluarga dan memiliki anak, pengasuhan menjadi penting dan pekerjaan pasangan. Pria, sebagai ayah, juga secara alami merasa bertanggungjawab dan memiliki keterikatan untuk menjalankan pengasuhan bersama pasangannya,” jelas peneliti Christopher Kuzawa, profesor antropologi di Northwestern University.

Pada penelitian lain dikatakan, penurunan testosteron pada pria terjadi begitu mereka menikah. Namun penelitian ini membuktikan, pria menikah memiliki level testosteron lebih rendah ketika sudah menjadi ayah. Para peneliti mengukur perbandingan level testosteron ini pada pria Filipina, usia 21, menikah namun belum punya anak.

Masih menurut penelitian yang sama, lima tahun ke depan, pria menikah tanpa anak akan mengalami penurunan level testosteron sekitar 14 persen. Sedangkan pria menikah dengan anak, level testosteronnya menurun 34 persen.

Menurut salah satu peneliti, Lee Gettler, ahli antropologi di Northwestern, semakin tinggi peran pria di rumah, sebagai ayah, level testosteronnya semakin menurun. Termasuk ketika pria mengasuh anak 1 sampai 3 jam per harinya.

Perhatian pria tipe ini akan terfokus pada perannya sebagai ayah. Sehingga hasrat berkompetisi menarik perhatian lawan jenis terkalahkan dengan ketertarikannya menjalankan peran pengasuhan, sebagai ayah.

Poligami

September 6, 2012

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan darinya Allah menciptakan istrinya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. (QS. An Nisa (4): 1)

Dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah balig) harta mereka, jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu, adalah dosa yang besar. (QS. An Nisa (4): 2)

Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi; dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya. (QS. An Nisa (4): 3)

Berikanlah kepada wanita (yang kamu nikahi) maskawin (mahar) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari mas kawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah)  pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya. (QS. An Nisa (4): 4)

  • Masalahnya sekarang apa masih ada manusia biasa yang bisa berlaku adil ??? sepertinya tidak, karena adil yang haq hanya milik Allah SWT.

Ulama ahli falak NU protes hasil isbat pemerintah

September 6, 2012

mbah munir. ©2012 Merdeka.com

Reporter: Parwito

 

Ulama Nahdlatul Ulama (NU) Syech Misbachul Munir Alfalakiy(70) yang akrab dipanggil Mbah Munir, pakar ilmu falak Internasional yang juga sempat menjadi Lajnah Falakiyyah Pusat PBNU mempertanyakan hasil sidang isbat pemerintah. Mbah Munir protes karena pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1433 Hijriah jatuh pada 21 Juli 2012.

Mbah Munir berpendapat, dalam hitungan ilmu falak jatuhnya awal Ramadan Jumat 20 Juli 2012. Perhitungan itu berdasarkan sembilan dari 10 kitab popular ilmu falak yaitu Kitab Nurul Anwar Badingatul Nisa, Kitab Minhajurroh Shoddin, Kitab Arrisalatul Falakhiyakiyah, Kitab Huluhul Wathor, Kitab Umdhatutholib, Kitab Rouful Manan, Kitab Risalatul Khomar dan Kitab Sulamun Naiyreni.

Sementara Muhammadiyah dalam hitunganya menggunakan teori dan pengetahuan hisab hakiki. Metode itu tidak memerlukan rukyat atau melihat hilal.

“Sebelumnya saya sudah tahu 1 Ramadan 1433 jatuh dua hari Jum’at Kliwon dan Sabtu Legi. Tidak perlu ambil kepusingan tanggal saya 1 Ramadan Jumat Kliwon dengan ketinggian ikwanul rukyat diikmalkan tidak bisa. Digenapkan 30 hari malah salah. Falak populer ada 10 dari 9 kitab, lima di antaranya menerangkan sudah bisa ditetapkan. Maka, 1 Ramadan tetap Jumat Kliwon 20 Juli. Kalau Muhamamdiyah tiga bulan sebelum datangnya puasa, salah seorang pengurus Majelis Tarjih PP Muhamamdiyah sudah menghubungi saya,” kata Mbah Munir kepada merdeka.com di Ponpes Marzakul Falakiyah Dusun Semali, Desa Salamkanci, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Mbah Munir menyesalkan mengapa dalam pengamatan rukyat hilal ada salah satu jemaah di Cakung yang sempat melihat hilal bahkan disumpah tidak dijadikan bahan dan dasar untuk menetapkan jatuhnya 1 Ramadan 1433 H.

“Selain dari sembilan kitab yang ada menyatakan sudah dua derajat lebih sudah ikmalkan untuk rukyat. Maka satu Ramadan 1433 Hijriah tetap jatuh pada Jum’at Kliwon 20 Juli 2012. Dalam proses melihat hilal, pada prosesnya ada salah satu tepatnya, di Cakung, Jakarta melihat hilal. Kenapa proses melihat hilal ini tidak diakui bahkan dikesampingkan begitu saja? Ini politik dan gengsinya pemerintah dalam siding isbat kemarin,” ujar dia.

Mbah Munir menceritakan, sejarah Nabi Muhammad SAW, dalam penetapan 1 Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, seorang kaum kafir pun yang memberi informasi melihat hilal, nabi langsung menetapkan jatuhnya puasa dan lebaran berdasarkan pengakuan kaum kafir itu.

“Politik dan gengsi. Mengapa sudah melihat bulan saat rukyat hilal ditolak yang di Cakung? Apakah itu sudah betul? Nabi tidak begitu caranya. Nabi ada orang kafir tahu tanggal, nabi saya tahu tanggal dan melihat hilal. Nabi langsung ngomong; Wes sesuk bodho(Ya sudah besok lebaran). Saya orang NU sama dengan Muhammadiyah wes biar. Sehingga tanggalan saya dan santri saya 1 Ramadan jatuh 20 Juli dan hari ini saya sudah puasa,” jelasnya.

Mbah Munir berharap, sidang isbat yang dilakukan pemerintah harus berdasarkan ilmu pengetahuan dan pengamatan. Dua metode untuk menetapkan jatuhnya hari pertama dimulainya puasa itu tidak dapat ditinggalkan. Seharusnya, awal penetapan Ramadan tidak didasarkan pada kemenangan dan dukungan banyaknya suara dalam forum yang mendukung suara puasa dijatuhkan pada 21 Juli 2012 tetapi berdasarkan dua metode yaitu perhitungan ilmu falak dan pengamatan hilal.

 

Program Sister School ala Indonesia

September 6, 2012

In Manajemen Sekolah, Pendidikan Indonesia, Pendidikan Jepang, Serba-serbi Indonesia, SMA on Januari 21, 2009 at 1:08 pm

Setuju atau tidak, salah satu ciri yang dikembangkan atau kelihatannya menjadi trade marknya Sekolah Bertaraf Internasional adalah punya sekolah saudara (sister school) di negara lain.

Tujuannya untuk apa ? Ya tentu saja untuk saling berkunjung, berbagi pengalaman sebagaimana layaknya saudara barangkali
Karena institusi yang bersaudara adalah sekolah, maka personal yang ada di dalamnya yang akan saling berinteraksi, dimulai dari kepala sekolah, wakasek, guru dan murid-murid.

Mencari dan mengajak sebuah sekolah untuk menjadi saudara bukan pekerjaan yang gampang, sebab butuh biaya, energi, arah yang jelas dan tentu saja melibatkan pemerintahan setempat. Di Indonesia dengan dialihkannya wewenang pengelolaan pendidikan ke daerah, maka program sister school menjadi program di bawah arahan Diknas provinsi.

Demikian pula Jepang. Kekuasaan dan wewenang pengelolaan sekolah dibebankan kepada daerah, yaitu pengelolaan SMA di bawah pemerintah tingkat prefektur, dan pengelolaan SD dan SMP di bawah pemerintahan tingkat kota atau distrik. Kedua pihak inilah yang perlu menjembatani lahirnya persaudaraan dua sekolah.

Program yang sering dikemas dalam kegiatan sister school adalah pertukaran budaya, memperkenalkan seni tari, permainan, atau sekedar kompetisi olah raga, dan bagi sebagian orang, pengalaman ke luar negeri adalah sebuah kebanggaan.

Lebih dari sekedar sebagai sebuah pertukaran seni budaya antara dua saudara, program sister school sebenarnya akan lebih menarik apabila dikemas menjadi sebuah pertukaran ilmu dan budaya yang lebih menitikberatkan empati dan peningkatan motivasi untuk maju siswa, guru dan kepsek.

Oleh karena itu, ketimbang menjadi ajang pentas kesenian, akan lebih baik jika siswa yang saling berkunjung diberi kesempatan untuk memahami kebiasaan belajar, semangat dan pola masyarakat setempat dengan lebih baik, ketimbang diajak untuk mengunjungi tempat wisata.

Selama ini sister school karena sudah dijudge sebagai program sekolah internasional, maka sangat jarang menyentuh sekolah-sekolah desa yang masih sederhana. Padahal pertemuan siswa-siswa yang berasal dari latar belakang sosial ekonomi yang berbeda adalah sebuah wahana untuk melatih kepekaan siswa terhadap fakta kehidupan manusia yang beragam.

Sayangnya program sister school, sesuai dengan namanya yang ngebule, hanya dimaksudkan sebagai persaudaraan antara sekolah di dua negara yang berbeda.

Negeri dengan keragaman suku A sampai Z seperti Indonesia seharusnya lebih jeli mengembangkan program persaudaraan antarsekolah yang khas. Sebelum mengirimkan anak-anak itu untuk bersaudara dengan orang-orang berkulit sipit di Jepang atau anak-anak berambut emas di tanah Eropa atau anak-anak bermata biru di daratan Australia, atau anak-anak Melayu di seberang , mengapa tidak mempersaudarakannya dengan “saudara-saudara” hakikinya yang tinggal di Manokwari, di Lombok, di Gorontalo, di pegunungan Dieng ???

Padahal anak-anak di daerah tersebut sungguh ingin sedikit saja belajar sesuatu yang unggul dan baik dari saudaranya yang tinggal seberang pulau.
Padahal guru-guru di pelosok Kalimantan, Sumatera, Sulawesi ingin sekali sekedar  berguru kepada saudara-saudara guru di tanah yang lebih duluan maju.

 

Tulang Manusia Berserakan di Pantai Abrasi

September 6, 2012

Antara – Kam, 15 Sep 2011

 

Negara (ANTARA)- Abrasi yang kian ganas menggerus pesisir Pantai Rening, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana menyebabkan munculnya tulang belulang manusia yang diduga sudah puluhan tahun terkubur di pantai tersebut.

Beberapa warga sekitar pantai yang ditemui, Kamis mengatakan, soal munculnya tulang manusia itu sudah biasa dilihat warga sejak abrasi terjadi.

“Kami sudah biasa meliha tulang manusia berserakan setelah ombak besar datang, jadi ya biasa-biasa saja rasanya,” kata salah seorang warga.

Bahkan, saking biasanya melihat tulang manusia, beberapa anak kecil juga tidak takut melihat tengkorak justru malah menjadikannya sebagai mainan seperti sepak bola.

Untung Suwono, salah seorang warga mengatakan, pihak desa sebenarnya sudah pernah memasang buis untuk menghadang ombak namun dalam waktu singkat sudah hancur.

“Mau memasang lagi biaya yang dibutuhkan cukup besar, apalagi pemasukan dari pengunjung ke pantai ini tidak seberapa,” katanya.

Dari Suwono diketahui, saat air laut pasang, puluhan tengkorak dan tulang manusia bisa ditemui di pantai yang dijadikan Kabupaten Jembrana sebagai salah satu objek wisata ini.

Abrasi yang melanda pantai ini memang cukup parah, bahkan sudah mulai menggerus jalanan aspal sekitar lima meter.

Kepala Desa Baluk, I Ketut Suasana mengatakan, pihaknya sudah tidak kuat lagi untuk menangani abrasi ini karena butuh biaya yang besar.

Ia mengaku, untuk pemasangan buis guna melindungi Padmasana atau tempat sembahyang di pantai tersebut, pihaknya sudah menghabiskan dana hingga Rp 30 juta.

Menurut Suasana, dari objek wisata Pantai Rening, desa mendapatkan pemasukan kotor sekitar Rp56 juta per tahun.

“Dengan pemasukan segitu jelas tidak cukup untuk menangani abrasi seluruhnya di pantai tersebut,” katanya.

Terkait dengan temuan tulang belulang manusia di lokasi itu, Suasana mengatakan, masyarakat menyakini itu adalah tulang korban Gestapu.

Karena tidak tahu tulang tersebut siapa, pihak desa tidak melakukan mecaru.

“Warga sini sudah biasa melihat tulang muncul saat ombak besar datang, jadi ya biasa saja,” ujarnya.

 

Renungan untuk para suami:……………..

September 6, 2012
  1. Hargai istrimu sebagaimana engkau menghargai ibumu, sebab istrimu juga seorang ibu dari anak-anakmu.
  2. Jika marah, boleh tidak bicara dengan istrimu, tapi jangan bertengkar dengannya (membentaknya, mengatainya, memukulnya).
  3. Jantung rumah adalah seorang istri. Jika hati istrimu tidak bahagia, maka seisi rumah akan tampak seperti neraka (tidak ada canda tawa, manja, perhatian) maka sayangi istrimu agar dia bahagia dank au akan merasa seperti di surga.
  4. Besar atau kecil gajimu, seorang istri tetap ingin diperhatikan. Dengan begitu maka istrimu akan selalu menyambutmu pulang dengan kasih saying.
  5. Dua orang yang tinggal satu atap (menikah) tidak perlu gengsi, bertingkah siapa menang siapa kalah, karena keduanya tidak untuk bertanding melainkan teman hidup selamanya.
  6. Di luar banyak wanita idaman melebihi istrimu. Namun mereka mencintaimu atas dasar apa yang kamu punya sekarang, bukan apa adanya dirimu. Saat kamu menemukan masa sulit, maka wanita tersebut akan meninggalkanmu dan punya pria idaman lain dibelakangmu.
  7. Banyak istri yang baik. Tapi di luar sana banyak pria yang ingin mempunyai istri yang baik tapi mereka tidak mendapatkannya. Mereka akan menawarkan perlindungan terhadap istrimu. Maka jangan biarkan istrimu meninggalkan rumah karena kesedihan, sebab ia akan sulit sekali untuk kembali.
  8. Ajarkan anak laki-lakimu  bagaimana berlaku terhadap ibunya, sehingga kelak mereka akan tahu bagaimana memperlakukan istrinya.

 

 

 

MASA IDDAH BAGI WANITA…

September 6, 2012

Robert Gelhem, pemimpin yahudi di Albert Einstain College dan pakar genetika ini mendeklarasikan dirinya masuk islam ketika ia mengetahui hakekat empiris ilmiah dan kemukjizatan Al Qur’an tentang penyebab penentuan iddah (masa tunggu perempuan) yang dicerai suaminya dengan masa 3 bulan.

Ia menambahkan pakar Guilhem ini yakin dengan bukti2 ilmiah. Bukti2 itu menyimpulkan bahwa hubungan persetubuhan suami istri akan menyebabkan laki2 meninggalkan sidik (rekam jejak) khususnya pada perempuan. Jika pasangan ini setiap bulannya tidak melakukan persetubuhan maka sidik itu akan perlahan2 hilang antara 25-30%. Setelah 3 bulan berlalu maka sidik itu akan hilang secara keseluruhan. Sehingga perempuan akan siap menerima sidik laki2 lainnya.

Bukti empiris ini mendorong pakar genetika yahudi ini melakukan penelitian dan pembuktian lain disebuah perkampungan Afrika muslim di Amerika. Dalam penelitiannya ia menemukan bahwa setiap wanita disana hanya mengandung dari jejak sidik pasangan mereka saja. Sementara penelitian ilmiah di sebuah perkampungan lain di Amerika membuktikan bahwa wanita yang hamil memiliki jejak sidik beberapa laki2 dua hingga tiga. Artinya, wanita2 disana melakukan hubungan intim selain pernikahan yang sah.

Yang mengagetkan sang pakar ini adalah ketika dia melakukan penelitian ilmiah terhadap istrinya sendiri. Sebab ia menemukan istrinya memiliki tiga rekam sidik laki2 alias istrinya berselingkuh. Dari penelitiannya, hanya satu dari tiga anaknya saja berasal dari dirinya.

Setelah penelitian2 yang dilakukan ini akhirnya meyakinkan sang pakar Guilhem ini memeluk islam. Ia meyakini bahwa hanya islamlah yang menjaga martabat perempuan dan menjaga keutuhan kehidupan social. Ia yakin bahwa wanita muslimah adalah wanita paling bersih di muka bumi ini.

(islammemo/atB)

** Kiriman dari seorang teman – BBM…**